AKAR KUNING MENGOBATI BERBAGAI MACAM PENYAKIT

Akar kuning adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis, tumbuhan ini banyak terdapat di pedalaman hutan Kalimantan, Jawa dan Sumatra.

Konon katanya akar kuning ini telah digunakan oleh suku dayak untuk pengobatan tradisional pada masa lalu.
Di daerah Sumatara Barat misalnya, di daerah Sako, Tapan. Salah satu penduduk menemukan dan mengolah akar kuning menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. Pengrajin mengatakan kalau akar kuning ini banyak sekali manfaatnya.
Beliau juga menuturkan banyak nya mamfaat akar kuning ini, diantaranya antibiotik, melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan bahkan ada yang mengkonsumsi ini untuk penyembuhan penyakit Aids.
Menurutnya tidak banyak yang mengetahui bahwa akar kuning ada di daerah sako, untuk sementara ini hanya beliau lah yang berhasil menemukan dan mengolah akar kuning ini. Beliau juga mengatakan bahwa untuk sekarang masih banyak yang kurang berminat untuk mengkonsumsi akar kuning ini, dan sangat sulit untuk dipasarkan, tetapi bagi yang sudah mengkonsumsi akar kuning ini dapat merasakan perubahan.

Mungkin harus ada penelitian khusus untuk tumbuhan ini, walaupun banyak fungsinya, tidak menutup kemungkinan ada juga efek sampingnya.

Pengrajin juga mengatakan bahwa kekhawatirannya terhadap hilangnya tumbuhan ini disebabkan banyaknya praktek illegal logging di daerah sako. Untuk itu pengrajin mencoba menanamnya di dekat pemondokannya, agar tidak punah dikemudin hari akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.