Fotografer Padang Pameran di Puncak Kaba

CURUP RPP – Fotografer Padang, Pandeka, menggelar pameran fotografi tunggal di puncak Gunung Kaba mengusung tema ‘Rumah Gadang’, mulai hari ini Sabtu (24/9) hingga Minggu (25/9).

Dia ke Rejang Lebong bersama 4 orang rekannya, dibantu Komunitas Back Packer Indonesia (BPI) Regional Bengkulu dan komunitas pecinta alam B.R.I.O Indonesia.

Dikatakan Pandeka, rencananya setelah pameran di Puncak Gunung Kaba, dia akan melanjutkan pamerah di puncak-puncak gunung lainnya di Sumatera. Namun, Puncak Gunung Kaba merupakan pilihan pertamanya. “Setelah pameran di Puncak Kaba, kita merencanakan ke puncak gunung lainnya di Sumatera,” kata Pandeka di sela-sela keberangkatannya menuju Gunung Kaba.

Pria asal Padang ini mengatakan, karya fotografinya tersebut merupakan hasil dokumentasi Rumah Gadang yang dia kumpulkan sejak tahun 2010 lalu dari berbagai daerah di Sumatera Barat. “Rencananya, ada 32 foto yang akan saya pamerkan. Semuanya bertema Rumah Gadang,” jelasnya.

Mengapa memilih tema Rumah Gadang? Hal tersebut berangkat dari keprihatinannya, karena di era sekarang fungsi dan filosofi Rumah Gadang sudah mulai ditinggalkan. Bahkan, secara fisik, Rumah Gadang itu sendiri sudah mulai punah. “Misalnya, saat saya memotret rumah gadang, 1 tahun sebelumnya kondisinya sudah rusak. Pada tahun berikutnya saya lihat, ternyata sudah rata dengan tanah,” ungkap Pandeka.

Di samping itu, filosofi Rumah Gadang itu sendiri sudah mulai ditinggalkan. Padahal, di Rumah Gadang itu masyarakat Minang diajarkan nilai-nilai kehidupan, dari sejak lahir hingga dewasa. “Inilah intinya, kita ingin mengingatkan kepada masyarakat akan fungsi dari Rumah Gadang itu sendiri. Kalau sekedar mendirikan secara fisik itu gampang, ada uang bisa berdiri. Tetapi, mengembalikan filosofi inilah yang susah,” pungkas Pandeka.

Mengapa dia memilih Gunung Kaba sebagai tempat pertama pameran tunggalnya. Karena, menurut Bahasa Minang, Kaba berarti Kabar atau mengabarkan. Dia ingin dari Puncak Kaba inilah misinya bisa tersampaikan

sumber : http://www.radarpatpetulainews.com/2016/09/fotografer-padang-pameran-di-puncak-kaba.html