BERKUNJUNG KE RUMAH GADANG MANDE RUBIAH

B.R.I.O Indonesia berkesampatan berkunjung ke Rumah Gadang Mande Rubiah, di Nagari Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. 
Pagi itu begitu bersahabat baik cuaca dan langsung bertemu dengan Mande Rubiah, padahal paginya Mande Rubiah sedang tidak di rumah gadang tersebut. 
Kami (Nofriadi, Dicky, Alan dan Dally) mendapat kesempatan untuk berbincang ringan dengan Mande, mulai dari sejarah sampai dengan peninggalan-peninggalan bersejarah dari Rumah Gadang Mande Rubiah.  Dan kami pun sempat melihat beberapa peninggalan bersejarah dari Rumah Gadang Mande Rubiah. 
Rumah Gadang Mande Rubiah ini terletak di Nagari Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. Jalan Lintas Pesisir Selatan – Bengkulu. Menurut Mande Rumah Gadang Mande Rubiah ini sudah ada sejak Islam telah masuk ke Pesisir Selatan, jadi sejak awal berdiri rumah gadang Mande Rubiah telah memeluk Islam. 
Rumah Gadang Mande Rubiah ini terbilang unik, karena tidak bergonjong seperti kebanyakan rumah gadang di Sumatra Barat. Rumah Gadang Mande Rubiah ini mirip seperti Rumah Adat Melayu lainnya.