WALINAGARI PESISIR SELATAN HARUS BERJIWA ENTREPRENEUR

Pariwisata sebagai pilar penting  dalam mengerakan perekonomian dalam industry pariwisata, terkait erat pula banyak industry pendukungnya seperti  property, sewa kendaran, tranportasi, cindera mata,kuliner bahkan industry periklanan dan film. 

Lihat saja pemerintah Korea Selatan yang getol mempromosikan berbagai tempat yang pernah  menjadi lokasi pengambilan gambar drama  dan film yang populer. langkah ini sukses menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia yang mengemari film dan drama Korea. 
Ada kalanya suatu daerah tak segan segan memanfaatkan figure top untuk menarik minat wisata antara lain untuk pemotretan berbagai acara, belajar dari Korea. 

Walinagari di pesissir selatan harus bisa diandalakan untuk memaksimalkan visi dan misi pemrintah pesissir selatan, banyak objek dan daya tarik wisata seperti di Kambang dikenal, puncak Taratak di Surantiah, Batang Kapas pantai TANSRIDANO, Taluak kasai, Pantai Sungai  Kandung, Labung baruak yang terkanal dengan  PULAU Nago, Rumah Gadang Madeh Rubiah di Lunang. Pantai  Samono di Silaut, wisata air dan wisata hutan tropis di Sako and keindahan AIR TERJUN SAKO DAN MAKAN LAMAK Dirumah makan KELOK PATAH  perbatasan Sungai Penuh – Tapan yang terkenal dengan Lamang golek. 
Sebagai contoh Walli Nagari Sungai Gambir Sako Bpk. Djaliman yang berjiwa Entrepreneur di bidang pariwisata, dan sekarang beliau mulai membangun jaringan untuk pengembangan pariwisata di daerah yang beliau pimpin.
Maka  dari potensi yang ada seharusnya Walinagari belajar mengemas paket wisata  dan seni aktraktif untuk mengaet kunjungan wisata di daerah mereka masing masing, sehingga ada dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat yang mereka pimpin.(Syamsul Bahri Wartawan SERGAP  Biro Pesisir Selatan)