Ayo Traveling !!!!!

Bagi sebagian orang berwisata sudah menjadi kebutuhan, karena dengan berwisata bisa melupakan masalah pekerjaan dan menambah semangat berkerja setelah kembali dari liburan. Bisa dikatakan bahwa dengan berwisata kita bisa segar kembali, baik itu pikiran dan semangat. Tapi tidak bisa melupakan hutang-hutang dan tunggakan lain hehehe.

Bahkan  beberapa komunitas traveling sudah menjamur di negeri ini, ini menandakan bahwa sudah sangat banyak orang – orang yang sadar akan berwisata dan sudah kelihatan bahwa wisata merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi.

Tapi dimanapun kita akan berwisata, tetap yang harus di jaga adalah kehidupan sosial masyarakatnya. Jangan mentang-mentang kita berasal dari Kota besar seenaknya kita di destinasi wisata itu. Karena mungkin sebagian destinasi wisata ada yang tidak kita ketahui agar tidak dilakukan. Paling tidak sebelum menuju ke Destinasi ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal agar tidak terjadi gesekan sosial di lokasi wisata :

Sosial Pedesaan

Mungkin banyak yang sudah paham dengan sosial pedesaan, apalagi KPA dan Mapala, karena materi ini pasti di berikan saat Diklat (walaupun saya tidak pernah masuk ke dapal KPA dan MAPALA).

Karena sangat penting itulah harus dipelajari, mulai dari tatanan masyarakat, adat istiadat, keberagaman dan lain sebagainya. Ini juga merupakan bagian yang sangat asyik untuk dipelajari karena ini bisa membuat kita membaur dengan masyarakat setempat dengan baik.

Pantangan dan larangan

Pantangan dan larangan di setiap lokasi berbeda, baik itu secara agama, bahkan budaya, ini merupakan salah satu bentuk dari sikap saling menghormati antar sesama. Ini juga sangat perlu diterapkan di lokasi wisata.

Bahasa

Bahasa merupakan hal penting juga, bahasa di sini bukan berarti kita harus lancar bahasa daerah setempat :D. Ambil contoh wisatawan mancanegara, mereka paling tidak bisa mengucapkan “Terima Kasih”, terbayang kan betapa bahagianya kita mendengar mereka mengucapkan itu?

Nah, coba kembalikan ke diri kita bisa mengucapkan beberapa bahasa daerah lokal yang kita kunjungi? Pasti masyarakat lokal sangat senang. Paling tidak kita telah mencoba melestarikan bahasa daerah dan tidak menutupk kemungkinan mereka akan sangat senang untuk menjaga bahasa daerah mereka, dan bangga akan ini.

Perlengkapan

Perlengkapan merupakan salah satu elemen yang sangat penting jika hendak berwisata, karena beda lokasi tentu ada beberapa item yang berbeda di lokasi destinasi wisata kita. Misalnya, kalau kepantai tidak mungkin kita membawa sepatu kantoran, celana dan baju safari hehe. Ini semua agar kita tidak mengeluarkan cost tambahan selama di lokasi wisata.

Jika bisa, bawalah barang-barang sesuai dengan kebutuhan saja, karena akan meringkan beban (red:barang bawaan), bukan beban hidup y hehe

Saya adalah seorang pemula dan amatir, jadi dari tulisan ini ambil saja yang baik, dan yang buruk di abaikan saja 😀