dallynfriends-adventure

I'm a Cryptozoologist

Geopark Merangin

Geopark Merangin, Alternatif Wisata Kelas Dunia

Bosan dengan liburan yang seperti itu-itu saja, ke pulau, pantai, camping ceria? Kalian bisa coba berkunjung ke salah satu tempat wisata yang berada di Provinsi Jambi, Geopark Merangin.

Geopark Merangin adalah satu wisata peninggalan purbakala yang terletak di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Walaupun sebenarnya Kabupaten Merangin mempunyai banyak wisata alam lainnya. Salah satunya adalah Telaga Biru. Untuk Lebih jelasnya bisa di cek di : https://dallynfriends-adventure.com/2020/01/02/telaga-merangin-sebuah-pesona-tersembunyi/

Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa Geopark Merangin ini adalah satu geopark terlengkap di Dunia. Itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh  Peneliti Badan  Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI yang telah melakukan penelitian selama tiga tahun di sana. Disamping itu mereka juga menemukan kaldera merangin dan bukti awal terbentuknya Pulau Sumatra.

Geopark Merangin

Istilah Geopark sendiri secara harfiah berarti taman bumi. Mengacu pada wilayah geografis tempat situs-situs warisan geologis (geological heritages) dikelola secara terintegrasi dengan warisan budaya (cultural heritages) di wilayah itu, untuk tujuan konservasi, edukasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Geopark Merangin Jambi -baru resmi menjadi anggota geopark nasional pada 25 September 2013- bersama lima kawasan lain: Danau Toba (Sumatra Utara), Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat), Raja Ampat (Papua), Kawasan Kars Sewu (Jawa Tengah), dan Green Canyon (Jawa Barat) tengah mengantri menyusul Gunung Batur.

Geopark Merangin berada di Kabupaten Merangin, tepatnya di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap. Jarak lokasi Geopark ini dari pusat Kota Jambi terbilang tidak terlalu jauh. Kita hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 7 Jam untuk bisa berada di Desa Air Batu dengan menggunakan kendaraan bermotor.

DSC_0404Di Geopark Merangin sendiri ada banyak aktifitas yang bisa kalian nikmati seperti fosil-fosil purbakala yang banyak terdapat di batuan disekitar pinggir Sungai Batang Merangin Serta Kalian juga dapat menguji nyali dengan melakukan aktifitas Arum Jeram. Jangan khawatir orang sudah banyak melakukan ini dikarenakan ingin menikmati wisata kelas dunia ini.

Bagi kalian yang menyuka kegiatan camping pun juga bisa melakukan aktifitas di sini yang tentunya harus melakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Paling tidak bertanya apakah boleh atau tidak.

Fasilitas dan akomodasi di wisata alam yang satu ini dapat dikatakan cukup memadai. Meskipun tidak bisa dibilang mewah, akan tetapi untuk keperluan transportasi dan penginapan, Anda dapat menemukan berbagai layanan jasa dengan cukup mudah.

Untuk akomodasi transportasi, Anda dapat menggunakan bis angkutan ataupun menyewa mobil dari pusat Kota Jambi, sedangkan untuk akomodasi dan fasilitas penginapan, Anda dapat menyewa berbagai macam homestay yang disediakan oleh penduduk setempat. Meskipun dengan kondisi seadanya dan jauh dari kata mewah, fasilitas penginapan homstay ini terbilang cukup murah dan nyaman untuk ditinggali. Untuk bisa menikmati keindahan wisata alam yang satu ini, Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya.

Untuk kegiatan tracking menuju lokasi geopark, Anda perlu menyewa seorang guide dengan biaya 100 ribu rupiah per orangnya, sedangkan untuk biaya penyewaan perahu karet, Anda diwajibkan menggelontorkan dana sebesar 600 ribu. Satu buah perahu dapat digunakan untuk 5 orang pengunjung dan satu orang pemandu. Biaya pemandu perahu sendiri sudah termasuk kedalam biaya sewa perahu ini.

Untuk keperluan penginapan, Anda dapat menyewa homestay dengan biaya rata-rata sekitar 200 ribu rupiah untuk satu malamnya. Satu buah homestay biasanya dapat digunakan untuk sekitar 10 orang pengunjung sekaligus.

Baiklah, begitulah sekilas tentang Geopark Merangin dengan segala pesona nya yang di sadur dari beberapa sumber berita seperti Mongabay, Sindonews dan Situs Resmi Pemerintahan Kabupaten Merangin.

Karena berbagai alasan itulah wajar rasanya kita menyebut bahwa Geopark Merangin sebagai wisata kelas dunia yang ada di Provinsi Jambi. Semoga kedepannya pengelolaan tempat wisata ini lebih baik lagi.

Selamat Berlibur

(Visited 84 times, 1 visits today)

Lihat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *