dallynfriends-adventure

I'm a Cryptozoologist

Rangkong Hutan Sako

Menelusuri Hutan Sako Tapan, Ada Banyak Bonus

Melakukan perjalanan atau menikmati akhir pekan di wilayah Hutan Sako ada banyak bonus yang bisa kita dapat selama berada di sana. Penasaran apa saja yang bisa di dapatkan? Yuk kita simak bersama-sama tulisan saya di bawah ini, jangan lupa baca sampai habis.

Hutan Sako terletak di wilayah perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Nama Desa nya adalah Muara Sako tidak jauh berada di gapura perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, kalau kita memulai perjalanan dari Kerinci – Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Hutan Sako

Saya sendiri pun telah banyak menuliskan tentang Hutan Sako ini sejak pertama kali berkunjung ke Sako beberapa tahun lalu, kenapa? Karena ada banyak yang wajib untuk di kunjungi dan ditulis agar semua orang tahu tentang Hutan Sako, apalagi wilayah ini sangat direkomendasi karena jarang sekali di kunjungi oleh para wisatawan. Nah, mungkin saja para wisatawan lokal maupun mancanegara sangat sedikit sekali untuk mendapatkan informasi tentang Sako ini, padahal daerah ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga : https://dallynfriends-adventure.com/2019/07/23/mengenal-keindahan-gunung-sako/

Kali ini saya mencoba untuk merangkum semua cerita Tentang Hutan Sako, walaupun sebenarnya masih banyak lagi yang belum di ekspos secara luas, karena keterbatasan dari segala hal, you know lah, apa saja yang saya maksud itu.

Apa saja yang bisa kita lihat di Hutan Sako ketika berkunjung ke sana?

HUTAN

Hutan Sako banyak sekali menyimpan kekayaan alam yang masih belum di telusuri oleh para pengunjung sehingga jarang sekali para pengunjung melakukan camping atau jungle exploration di daerah ini. Hanya sebagian orang saja yang melakukan kegiatan outdoor di daerah ini. Bagi para pecinta wisata alam bebas wajib mencoba menelusuri hutan sako ini dan rasakan sensasi jungle exploration ditambah lagi dengan jarangnya lokasi ini dikunjungi oleh para wisatawan.

Hutan Sako masuk kedalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang mana masih banyak menyediakan alam yang masih asri dan hewan yang masih dapat kita jumpai di sepanjang jalan. Sangat direkomendasi untuk para pecinta photograpy juga.

FLORA DAN FAUNA

Flora dan Fauna hutan sako jangan diragukan lagi keunikannya yang jarang kita temui biasanya. Sebut saja burung Rangkong, burung yang dilambangkan kesetiaan, ya benar sekali jika burung Rangkong ini terbang sendiri itu bisa dipastikan bahwa burung ini telah kehilangan pasangannya. Makanya tidak jarang kita bisa menemukan Rangkong yang nongkrong di pohon selalu berdua.

Bahkan jika beruntung burung ini bisa kita lihat dari pingggir jalan lintas saja. Namanya juga binatang tidak bisa digaransi untuk melihatnya secara langsung. Tapi jangan khawatir walaupun kita tidak bisa melihatnya yang sedang bertengger di pepohonan, kita bisa mendengar suaranya atau Rangkong ini sedang terbang. Nah, bayangkan jika kalian seorang photograper yang mempunyai peralatan memadai, tentu sangat mudah sekali untuk mengabadikan momen Rangkong ini.

Simpai (Surili Sumatera) pun dengan mudah kita lihat dipinggir jalan jika kita menuju ke lokasi ini di tambah spot-spot yang menarik lainnya, burung pun sangat banyak jenisnya di lokasi ini. Tidak heran jika banyak wildlife photohrapher kelas dunia berdiri di pinggir jalan hanya untuk mengabadikan hewan-hewan yang ada di Hutan Sako ini.

Simpai Sumatera

Yang tidak kalah penting adalah Raflesia Gadutensis, padma kebanggaan Sumatera Barat pun ada di wilayah ini, tapi sayangnya kita harus menunggu untuk beberapa waktu untuk dapat melihatnya secara langsung. Karena kalian juga semua pasti tahu bahwa bunga ini tidak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama.

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2020/11/03/raflesia-gadutensis-dari-sako/

TANAMAN OBAT

Tanaman obat pun tersedia di sekitaran Hutan Sako ini, Salah satunya adalah Akar Kayu Kuning yang dapat mengobati bermacam penyakit. Uniknya akar kayu kuning ini hanya ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan Saja. Bahkan menurut penduduk lokal pernah ada orang dari Kalimantan mencari akar kayu kuning ini di Hutan Sako ini.

Akar Kayu Kuning
Akar Kayu Kuning dari Hutan Sako

Sehingga sekarang banyak dari masyarakat setempat menjual akar kayu kuning ini karena sudah saking terseohornya akar kayu kuning ini. Untuk memastikannya kalian bisa mencoba menkosumsi akar kayu kuning ini dan rasakan perubahan pada diri kita.

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2017/02/06/akar-kuning-mengobati-berbagai-macam-penyakit/

KULINER

Ada banyak tempat kuliner selama berada di Sako yang mana sepanjang jalan ada banyak rumah makan, jadi ketika kalian berkunjung ke Sako, jangan takut untuk tidak mendapatkan makanan yang enak. Karena masakan di sini yang disediakan oleh rumah makan hampir semuanya enak dan sangat menggugah selera.

Lamang Golek hutan Sako

Yang jadi ikon kuliner di daerah Sako ini adalah Lamak Golek, panganan ini mempunyai cita rasa tersendiri yang mana ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Resepnya pun diturukan secara turun termurun dari generasi ke generasi yang telah lama mendiami sako.

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2020/11/27/lamang-golek-sako-cinta-segitiga-antara-ketan-kelapa-dan-gula-merah/

WISATA AIR

Hutan Sako selain memiliki hutan dan alam yang bagus juga memiliki aliran sungai yang bagus sehingga daerah ini pun bisa menyediakan wisata air, seperti Arum Jeram dan tubing. Bahkan FAJI (Federasi Arum Jeram Indonesia) Sungai Penuh telah melakukan uji coba penyusuran sungai di daerah ini.

Nah, ketika berkunjung ke Sako, bagi kalian yang bingung siapa yang akan memandu selama di sana, jangan khawatir Sako sekarang sudah mempunyai Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) SAKORA yang mana artinya adalah Sako Rancak. Kalian bisa dipandu oleh salah satu anggota Pokdarwis ini. Salah satunya Egi Masro bisa di hubungi melalui WA +62 822-8892-0395 dan FBnya. Dia juga merupakan salah satu penduduk lokal yang peduli akan pariwisata di Sako dan sangat ingin memajukan Sako.

DSC_0060

Baca Juga : https://dallynfriends-adventure.com/2019/07/23/sosok-pemuda-peduli-pariwisata/

Di Pokdarwis Sakora ini kalian juga menyewa peralatan Camping dan Tubing, yang tidak kalah pentingnya adalah para anggota Pokdarwis ini akan memandu kita untuk melihat keindahan Sako serta sekitarnya.

Pokdarwis Hutan Sako

Bagaimana? Mari list Sako sebagai destinasi wisata kita, Selamat Berlibur

(Visited 392 times, 1 visits today)

Lihat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *