dallynfriends-adventure

I'm a Cryptozoologist

Eco Terapi

Depresi? Coba Lakukan Eco Terapi

Depresi, tekanan akibat pekerjaan atau hal yang lain? Coba lakukan Eco Terapi ketika weekend. Apa itu Eco Terapi atau yang lebih kita kenal dengan Terapi Alam?

Eco Terapi, Terapi Alam atau bahasa kerennya Healing Forest merupakan sebuah terapi sederhana karena cukup menempatkan diri anda di lingkungan yang hijau, seperti menikmati keindahan alam bebas, hutan, pedesaan, taman, bukit dan sebagainya.

Ada banyak penelitian mengatakan bahwa melakukan eco terapi dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stress karena setelah sibuk beraktifitas seminggu penuh. Bahkan menurut sebuah penelitian dari Exeter Univesity mengatakan bahwa orang yang tinggal di daerah hijau lebih bahagia dan kurang mengalami masalah tekanan mental.  Dan dri sumber lain mengatakan bahwa orang tinggal di lingkungan hijau cenderung memiliki fisik dan mental yang lebih baik.

Lalu ketika melakukan Eco Terapi apa saja yang dapat kita lakukan di lingkungan hijau? Dan apa saja mamfaatnya?

Aktivitas Bertualang
Ketika melakukan Eco Terapi, bertualang di alam bebas adalah salah satu pilihan yang baik untuk dilakukan. Misalnya arum jeram, panjat tebing, eksplorasi goa, Hiking, camping dan lain sebagainya. Kegiatan ini bisa menambah pengalaman dan sensasi yang luar biasa

Sosiliasi
Ketika melakukan Eco Terapi ini, coba juga untuk bersosialisasi dengan penduduk desa setempat sebelum melakukan kegitan-kegiatan di atas, karena dengan bertemu dengan orang – orang baru akan menambah pengetahuan kita yang tentunya juga rezeki.

Relaksasi
Ketika kita memasuki kegiatan Hiking atau camping di dalam hutan, coba untuk melakukan relaksasi dengan cara merendam kan diri di aluran sungai atau terjun yang ada di alam bebas, air nya sudah pasti bersih karena belum banyak yang mengotori air dari alam. (Tetapi pilih-pilih juga tempatnya, jangan yang banyak aktifitas illegal logging). Dan yang tak kalan penting adalah ketika bangun pagi pagi di hutan, jangan lupa mencari satu spot yang bagus untuk menenangkan diri sambil menghirup udara pagi dan menyaksikan pepohonan yang hijau sambil berdiam diri. untuk yang Muslim jangan lupa sholatnya jangan tinggal ketika beraktiftas ini.

Ketika melakukan terapi ini tentunya kita harus memperhatikan norma-norma yang berlaku di desa setempat. Jangan mentang- mentang kita berasal dari Kota Besar merasa lebih dari mereka. Saya yakin dan percaya kita semua tidak akan melakukan hal yang demikian. Dan kita mempunya rasa hormat yang tinggi.

Ayo tunggu apa lagi, coba lah melakukan Eco Terapi ini walaupun hanya beberapa kali saja. Semoga Stress dan Depresi selama bekerja bisa berkurang.

(Visited 69 times, 1 visits today)

Lihat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *