dallynfriends-adventure

I'm a Cryptozoologist

Danau Lingkat

Danau Lingkat, Pesona Lain di Kerinci

Jangan mati dulu sebelum ke Kerinci, begitulah kata para pujangga yang meyakinkan bahwa Kerinci itu memang indah dan keindahannya itu agar dinikmati dari sisi manapun. Memanglah Kerinci ini adalah surga yang tercampak ke bumi. Fix no debat. Salah Satunya Danau Lingkat.

Mulai dari adat, istiadat, masyarakatnya hingga alamnya, yang senantiasa menawarkan berjuta keindahan seolah memeluk dengan hangatnya diri ini sehingga sulit untuk melepaskan pelukan keindahan alam Kerinci nan Sakti ini. Entah kenapa jika sudah menginjakan kaki di Kerinci rasanya sulit untuk melupakannya. hmmmm. Magic yang sangat sukar untuk digambarkan dengan sepotong kata. 

Kali ini, Danau Lingkat menjadi tujuan destinasi. Danau yang berada di Kabupaten Kerinci, Desa Lempur menawarkan eksotis tersendiri ketika melihatnya. hamparan zamrud yang memanjakan mata seoalah menghilangkan kepenatan hingga beban pikiran barang sejenak. Airnya pun dirasakan mengundang kita untuk bercumbu mesra dihijaunya air Danau Lingkat. Apalagi ketika melemparkan pandangan di sekelilingnya, ingin rasanya mengecup mesra hamparan hijau tersebut dan tak akan dilepas lagi. Pesona yang tak terkira. 

Danau yang berada di ketinggin 1.100 MDPL ini tentunya mempunyai pesona yang sayang jika tidak dinikmati ketika berkunjung ke Kerinci, mulai dari keindahannya hingga cerita yang beredar di masyarakat yang bisa menjadi khasanah ilmu kita, yang tentunya bisa menambah kecintaan kita terhadap Negeri nan Sakti ini. 

Lempur

Cerita Mistis
Sebagai seorang Cryptozoologist, saya tentunya akan menghayal yang bukan-bukan ketika melihat keindahan Danau Lingkat ini, kenapa? Karena melihat hijaunya air tersebut langsung tergambar di dalam pikiran liar saya ada sesosok hewan yang besar, katakanlah seperti Loch Ness di Skotlandia. Yang akan muncul tiba-tiba menampakan dirinya dan menyapa saya. Tentunya sebagai seorang Cryptozoologist akan sangat senang, uppsss. Ini hanya sebuah intermezo. Maklum saja pikiran liar seorang Cryptozoologist. 

Tapi dari beberapa sumber yang saya rangkum yang saya dapatkan setelah berkeliaran di dunia maya, ternyata memang ada cerita mistis dari masyarakat lokal. 

Konon, katanya di Danau yang indah ini kita dilarang untuk bersampan, karena ada seorang gadis dari desa tetangga yang hilang di Danau Lingkat ketika bermain perahu, dan orang tua si gadis meminta pertolongan dari warga setempat untuk mencari anak gadis tersebut. 

Untuk menemukan anak gadis tersebut, warga desa bersama-sama menimba air danau tersebut dengan menggunakan rantang (cingkat), namun sia-sia hasilnya, dan hingga kini anak gadis tersebut tidak bisa ditemukan. 

Akhirnya seorang warga desa yang pada saat itu mendapatkan sebuah bisikan gaib yang memberitahu bahwa gadis tersebut telah dibawa oleh makhluk halus penunggu Danau Lingkat ini. Nah Sejak itu, warga desa bersumpah untuk tidak menggunakan perahu lagi di Danau Lingkat ini. 

Barulah pada tahun 1980an, Danau Lingkat ini kembali dikunjungi oleh warga dan wisatawan, dan hingga kini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Kabupaten Kerinci. Nah, jika ingin berkunjung ke Danau Lingkat ini, ada beberapa pantangan yang tak tertulis sebaiknya dipatuhi oleh para pengunjung, diantaranya adalah tidak boleh melamun, berbuat asusila dan takabur.

Tapi sekarang, sudah boleh menggunakan perahu di Danau ini, bahkan penyedia jasa pun sudah menyedian perahu bermesin yang siap mengantarkan para pengunjung untuk mengelilingi Danau Lingkat ini. Bagaimana rasanya? mari coba sendiri sensasinya.

Cingkat (Rantang)
Nah, Kata lingkat sendiri berasal dari kata Cingkat yang berarti Rantang, berdasarkan dari cerita tentang warga desa setempat yang hendak mengeringkan air danau menggunakan Rantang untuk mengeringkan air, demi bisa menemukan seorang gadis yang hilang tersebut. 

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2021/06/25/akhirnya-ku-menemukanmu-padma/

 

 

 

 

 

 

 

(Visited 52 times, 1 visits today)

Lihat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *