dallynfriends-adventure

I'm a Cryptozoologist

Samudera Ilahi

Samudera llahi, Dejavu Kepada Melaka

Dejavu? Ya benar sekali, itulah petama kali yang dirasakan ketika melihat Masjid Terapung Samudera Ilahi yang berada di areal wisata Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan.

Kenapa demikian? Karena hampir sama dengan Mesjid terapung yang berada di Melaka, Malaysia. Bukannya menyamakan atau bagaimana y, karena posisinya tepat berada di bibir pantai, terlepas dari itu, kita harus bangga jika Pesisir Selatan memiliki salah satu icon wisata religi yang bisa menambah minat bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara kelak.

Lihat juga https://dallynfriends-adventure.com/2020/01/16/melaka-miss-you-so-bad/

Hmm. tentu tidak menutup kemungkinan jika para pengunjung pastinya hanya ingin berkunjung dan sholat di Masjid Samudera Ilahi ini. Tentunya karena pesona Masjid Terapung serta hamparan laut yang memanjakan mata serta suara deru ombak yang menambah romantisnya suasana ketika berada ini.

Bayangkan saja, ketika setelah melaksanakan sholat, kita bisa mendengar pacuan deru ombak diluar sana, serta melempar pandangan ke hamparan laut yang terbingkai indahnya pulau-pulau yang seoalah memanggil kita untuk menggapainya.

Konon katanya Masjid ini menghabiskan dana sebesar 27,5 Miliar. Dana yang cukup fantastis y, Tapi yang lebih terpenting adalah banyaknya orang yang beribadah di Masjid ini, paling tidak begitu kata para ustads ketika berceramah, jangan hanya mewah saja, tapi tetap penuh diisi oleh para jemaah untuk melaksanakan ibadah, hehehe.

Masjid ini juga diresmikan oleh Bupati terdahulu, Hendra Joni pada Februari 2021 lalu, masjid yang berada di area sekitar 1,795 M ini bisa menampung sekitar 300 Jemaah. hmmm. Sayangnya sekarang lagi Pandemi yang membuat tidak banyak orang berkunjung ke area wisata Pantai Carocok yang tentunya tidak banyak juga yang berkunjung ke Masjid ini.

Syukurlah, kami bisa berkunjung ke Masjid ini disela-sela perjalan menuju Kawasan Wisata Mandeh, karena beberapa teman kami ingin sekali melihat Masjid ini, termasuk saya.

Ketika melihat masjid ini, saya langsung teringat dengan Masjid terapung yang ada di Melaka, seolah-olah menimbulkan kembali kerinduan kepada tanah Melaka, yang tidak ada habisnya.

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Pantai Carocok, Painan, jangan lupa juga untuk mengunjung Masjid Terapung Samudera Ilahi ini y, tetapi harus sholat juga, jangan hanya berswa photo saja.

DSC_0205-1

Menarik memang, ketika mengetahui arti filosofi dari nama Samudera Ilahi, dari berbagai sumber mengatakan bahwa, dengan memasuki Masjid Terapung Samudera IIahi dapat menyadarkan umat bahwa dia memasuki lautan Ketuhanan dengan segala sifat-Nya, kebesaran Allah, Keagungan Allah, Kehalusan Allah. Pendekatannya adalah pendekatan rasa atau tasawwuf.

“Orang banyak tenggelam di dunia karena tidak menghidupkan rasa dalam dirinya. Oleh karenanya, tenggelamlah di Samudera Ilahi sebelum engkau ditenggelamkan dunia,” Ujar Hendra Joni ketika membuka secara resmi

Baca artikel detikTravel, “Mengenal Masjid Terapung di Painan Sumbar yang Sempat Viral” selengkapnya https://travel.detik.com/travel-news/d-5366161/mengenal-masjid-terapung-di-painan-sumbar-yang-sempat-viral.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Lihat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *