Pariangan

Cerita Dari Pariangan “Daun Sijangkang, Minum Satu, Nikmatnya Berdua”

Tidak akan pernah habisnya kerinduan akan Desa Terindah di Dunia, Desa Pariangan di Batu Sangkar. Benar sekali desa yang terletak di Kabupaten Tanah Datar ini pernah dinobatkan sebagai Desa terindah di Dunia versi Majalah Budget Travel (Sebuah majalan terbitan New York)

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2019/09/03/pariangan-nuasa-kenangan/

Entah kenapa ketika berkunjung ke sini, selalu ingin kembali, seolah-olah hamparan sawah terbentang luas itu memanggil untuk bercumbu.

Saya dan teman saya (Pandeka) berkunjung ke salah satu tempat yang dia pikir sangat menarik sekali untuk melihat hamparan sawah nan hijau tersebut, pilihannya pun jatuh di salah satu kedai milik Pak Datuk.

Di kedai sederhana ini kami banyak bercerita tentang Adat istiadat Minang Kabau dan ada banyak petatah petitih yang disampaikan oleh Pak Datuak tersebut yang tampak terkoneksi dengan kehidupan masyarakat Minang Kabau pada saat ini. Sepertinya kebanyakan masyarakat Minang Kabau masih menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut. Semoga Tetap Terjaga y.

DSC_1933

Saya pun tertarik dengan salah satu cerita dari temannya Pak Datuk, yaitu tentang Bigau yang sering menampakan diri sekitar lokasi ini, seolah-olah menguncangkan hasrat Cryptozoology saya untuk mengorek langsung ceritanya.

Menurut beliau sih, Si Bigau ini sering menampakan diri pada senja hari dan ketika hujan panas, nah kalau ingin melihatnya datanglah pada saat itu, ujarnya dengan serius. Saya pun menyela dengan mengatakan bahwa kalau ingin ke sini, apa ada jaminan untuk ketemu si Bigau? Beliau pun tertawa mendengar ucapan saya tersebut.

Hmmm. Biarlah Cryptozoology menyimpan misterinya sendiri, yang kadang kalan kita pun di Cap Gila oleh para netizen yang budiman.

Nah, di sela-sela pembicaraan tentang Si Bigau tersebut, tiba-tiba beliaupun menujukan sebuah tanaman kepada kami, seperti seorang penjual beliau pun menerangkan fungsi dan manfaat tanaman ini.

Minum Satu, nikmatnya untuk berdua, begitulah awal pembuka omongan beliau, yang membuat kami terheran dengan maksudnya tersebut. Beliau pun kembali menjelaskan dengan seksama tentang fungsi dari tanaman tersebut.

Menurutnya tanaman Sijangkan ini, bisa untuk vitalitas pria, nah ketika si pria minum ini makan akan bertambah stamina untuk melakukan hubungan suami istri hehe. Tiba-tiba kami tertawa mendengarnya, tetapi beliau tetap memasang wajah yang serius, serta menawarkan kepada kami untuk mencoba ketika sampai di rumah. Biar bisa mencoba sendiri khasiatnya. haha

Terlepas dari tanaman Sijangkang itu, memang Pariangan selalu membuat sebuah kenangan yang tidak terlupakan ketika berkunjung kesana. Apalagi pemandangan yang asri yang tidak ketinggalan adalah masih banyak rumah gadang dan masjid yang bernuansa adat di daerah ini.

DSC_0046jkjk

Yang tidak kalah pentingnya adalah kuburan panjang yang merupakan arsiteknya rumah gadang, Tantejo Gurhano. Saya pun ingin selalu kembali ke daerah Pariangan ini, karena selalu ada rindu yang dibungkus untuk dibuka di sana yang sampai sekarangpun saya tidak tahu apa alasannya.

Nah, bagi kawan-kawan semua yang ingin atau sedang berkunjung ke Sumatera Barat, mari masukan list Batu Sangkar ke dalam daftar yang ingin dikunjungi ya, dan sensasi mencoba kenangan di sana.

Jangan lupa Subscribe youtube saya y https://www.youtube.com/channel/UCuXluYbpsKTaGwMVcmJozjw

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *