Danau Nibung

Danau Nibung, Antara Cinta dan Gempa

Danau Nibung, adalah merupakan salah satu Danau yang terletak di Kabupaten Mukomuko, siapa yang bisa menyangka bahwa Danau ini mempunyai sejarah yang cukup menarik. Bayangkan saja dari kisah percintaan hingga gempa.

Saya pun berkesempatan mengunjungi Kabupagten Mukomuko dan mengunjungi salah satu desa wisata yang ada di daerah ini seperti Pantai Pandan Wangi hingga Danau Nibung ini.

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2022/02/01/menikmati-sunset-di-pantai-pandan-wangi-mukomuko/

Awalnya ketika mendengar Danau Nibung ini saya berpikir bahwa danau ini merupakan danau buatan, tetapi saya pun tidak begitu langsung percaya dengan pikiran saya yang sepintas itu, saya pun mencari – cari informasi tentang Danau Nibung ini, setelah puas berselancar di dunia maya, saya pun menemukan banyak informasi yang menarik sekali tentang Danau Nibung ini.

Baca juga : https://www.bengkuluinteraktif.com/node/43

Dari informasi yang saya dapat dari dunia maya, salah satu kisah menariknya adalah kisah percintaan antara Nibung dan Wulan Putri hingga efek Gempa terhadap perkembangan Danau Nibung hingga saat ini.

Baiklah, kita kembali membahas tentang Legenda Percintaannya dulu ya, khusus bagi kalian yang lagi menJomblo, semoga saja kisah ini bisa menjadi inspirasi. Menurut cerita rakyat tersebutlah seorang ibu yang tinggal bersama putranya yang bernama Nibung, hingga pada suatu hari sang Ibu meminta anaknya untuk mencari tambatan hati.

Hingga akhirnya, Nibung pun menemukan seorang gadis yang bernama Wulan Putri. Namun sayang pada awalnya hubungan percintaan antara Nibung dan Wulan Putri ini tidak direstui oleh Orang Tua dari Wulan Putri. Namun berkat bantuan makhluk astral dari air Payau hati sang aya Wulan Putri pun luluh dan memberikan restu, hingga akhirnya Nibung dan Wulan Putri pun menikah.

Namun, kebahagian Nibung dan Wulan Putri pun tidak berlangsung lama, karena Wulan Putri dan kelima putrinya meninggal dunia. Karena kesedihan tersebut hingga membuat Nibung terpukul, dengan berurai air Mata, Nibung pun meminta kepada Sang Pencipta agar air payau tersebut menjadi saksi cinta Nibung kepada istri dan anak-anaknya, tak lama berselang Nibung pun menghilang.

Hmm. Bagaimana kisah cinta mereka? Menarik walaupun sad ending. Daripada kalian yang belum menemukan kisah cinta hehe. Canda. semoga kalian yang belum menemukan kisah cinta agar secepatnya menemukan cintanya y. Asimangattttt.

Gempa? Nah waktu gempa mengguncang Prov. Bengkulu pada tahun 2007 yang berkekuatan kurang 7,9 SR tersebut membuat kebanyakan masyarakat yang tinggal di pinggir pantai untuk memilih bermukim ke dataran yang lebih tinggi, nah kawasan Danau Nibung adalah salah satu alternatif yang bagus untuk dijadikan pemukiman bagi masyarakat tersebut.

Danau Nibung

Nah, setelah itu barulah Danau Nibung banyak pengunjung hingga saat ini, bahkan pemerintah setempat pun menggelontorkan dana yang dibilang cukup besar untuk membangun beberapa fasilitas wisata di sekitar Danau Nibung ini agar para pengunjung dapat menikmati Danau ini.

Nah, menurut saya Danau Nibung ini telah menjadi salah satu ikon wisatanya Kab. Mukomuko, dengan keadaan ini sangat bagus sekali untuk masyarakat setempat, karena ekonomi di sekitar Danau pun bergerak dengan banyak pedagang yang berada di kawasan Danau ini. Tentunya membuat suasana di kawasan Danau ini pun semakin menarik.

Dan ketika berkunjung di sore hari, kita pun bisa menyaksin beberapa nelayan sedang bersampan ria di danau ini, walaupun tidak ada saya tanya, sudah bisa dipastikan mereka sedang mencari ikan, hehe. Semoga saja anggapan saya ini tidak salah terhadap orang yang sedang berada di atas sampan tersebut.

Danau Nibung

Dipinggir danau pun telah disediakan bebebrapa gazebo-gazebo bagi para pengunjung hingga ada kapal kecil yang disewakan untuk para pengunjung agar bisa berkeliling untuk menikmati keindahan Danau Nibung ini. Saya pun sempat kepikiran untuk melakukan aktifitas camping di salah hutan di sana heheh. Walaupun gak tau kapan bisa terwujud.

Yang sangat patut diapresiasi adalah, mereka sangat menolak cafe-cafe didirikan dengan alasan jika didirikan cafe disekitaran Danau, tekutnya terjadi hal maksiat.Bagaimana? Ketika berkunjung ke Mukomuko, silahkan mencoba menikmati pemandangan disekitara Danau Nibung ini, sambil berhayal tentang kisah cinta kalian juga ya.

(Visited 68 times, 1 visits today)

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.