Orang Pendek

Mencari “Orang Pendek” di Gunung 7 Kerinci

Pernahkan kalian mendengar tentang Cerita “Orang Pendek”? atau dari teman-teman mengetahui tentang Orang Pendek? atau sudah pernah mencari Orang Pendek? Yuk mari berbagi cerita tentang salah satu hewan Cryptozoology ini. Nah, disini saya akan menceritakan pengalaman mencari Orang Pendek di Gunung 7 Kerinci.

IMG_0009.JPG

Orang Pendek disini bukannya orang yang memiliki tubuh pendek, tetapi adalah salah satu hewan yang termasuk ke dalam ilmu kajian cryptozoology. Buat yang belum paham tentang ilmu cryptozoology, bisa dibuka link di bawah ini

Baca juga : https://dallynfriends-adventure.com/2018/01/15/apa-itu-crytozoology/

Banyak informasi yang beredar bahwa Orang Pendek ini mendiami daerah sekitar Gunung 7 Kerinci, untuk itu pencarian saya pertama kalipun dilakukan di sekitar Gunung 7 Kerinci. Karena berdasarkan informasi yang saya dapatkan. Walaupun sudah beberapa daerah lain yang telah saya kunjungi untuk mencari keberadaan Orang Pendek ini.

Pertama kali saya mencari kebedaan Orang Pendek pada tahun 2006, waktu itu saya diajak oleh seorang teman untuk membantu dia dalam sebuah project yang didanai oleh National Geograpich. Kebetulan waktu itu berlokasi di Gunung 7 Kerinci.

Cek : http://www.orangpendek.org/

Berawal dari mengikuti rangkaian project itulah, saya tertarik untuk mengkaji tentang Orang Pendek ini. Hingga pada suatu waktu saya baru paham bahwa Orang Pendek itu masuk ke dalam salah satu kajian yang dinamakan Cryptozoology.

Nah, sejak saat itu saya pun telah melakukan pencari tentang keberadaan Orang Pendek, baik di Hutan Kerinci, Sumatera Barat hingga Bengkulu.

Keberadaan Orang Pendek selalu menarik untuk di teliti atau diungkap walaupun kita sendiri akan sedikit bingung dengan apa yang didapat di lapangan.

Pada tahun 2013, saya bersama teman-teman melakukan pencarian Orang Pendek di daerah Gunung 7, seperti biasa sebelum melakukan pencarian Orang Pendek, kamipun melakukan interview dengan masyarakat lokal, guna menanyakan informasi terkait Orang Pendek serta penampakan terakhir berdasarkan penuturan masyarakat lokal itu sendiri.

Apa ciri-cirinya berdasarkan penuturan masyarakat lokal? 

Orang Pendek memiliki tubuh yang pendek, tingginya sekitar 80-100 cm, serta badannya ditutupi oleh bulu yang berwarna kemerahan serta berjalan tegak. Bisa dikatakan bipedal. Ini lah yang membuat para peneliti/pecinta Cryptozoology menjadi tambah penasaran dengan keberadaan Orang Pendek, karena Orang Pendek mempunyai keunikan tersendiri dan diyakini masih exist sampai sekarang.

Orang Pendek

Apakah Orang Pendek memiliki rumahnya di hutan?

Selama saya melakukan pencarian Orang Pendek, saya belum menemukan sesuatu yang berbentuk tempat kediamannya entah itu rumah atau pun sarang. Berdasarkan saksi mata pun Orang Pendek selalu berjalan sendiri. Sangat jarang sekali para saksi mata menyaksikan Orang Pendek berjalan bergerombolan.

Satu hal yang menarik di dalam pencarian ini, tentunya berkemping di hutan. Apalagi kamping di Gunung 7, yang mana hutannya tentunya masih bagus dan kamipun memilih tempat yang jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasinya pun kami harus menaiki sampan/perahu sekitar 2 jam dengan menelusuri Danau yang berada di puncak Gunung 7 itu sendiri

Dalam pencarian hewan cryptozoology tentu ada banyak ilmu dan pelajaran yang didapat. Salah satunya adalah survival. Walaupun sebenarnya saya bukan lah dari seorang pecinta alam sejati yang hobi naik turun gunung. Dari segi fisik pun saya sangat jauh dibawah para pecinta alam lainnya. Nah, di sini pun saya belajar untuk tidak bosa melakukan pencarian hewan ini. Bayangkan saja untuk satu trip, saya dan teman-teman bisa menghabiskan waktu 10 hari di dalam hutan. What? Sungguh sangat lama sekali untuk ukuran saya hehe

Tapi ketika melakukan pencarian hewan ini di Gunung 7, kita tidak merasakan bosan karena tentunya pemandangan yang indah ditawarkan oleh Gunung 7 yang bisa menenangkan pikiran. Paling tidak kita jadikan saja perjalanan ini semacam “Think Week”. Agar ide-ide kita timbul setelah melakukan pencarian hewan ini.

Paling tidak dalam pencarian Orang Pendek, kita bisa menambah ilmu serta bercengkrama dengan sesama tim yang lainnya, bisa menyaksikan mereka memasak secara tradisional yang sungguh sangat kita rindukan pada masa modern ini.

Orang Pendek

Apapun itu, tentunya sangat rindu ingin mencari Orang Pendek lagi dibelantara hutan Sumatera ini. Baik itu di gunung 7 ataupun ditempat lainnya. Walaupun saya telah menulis sebuah buku tentang Orang Pendek ini. Yang pasti belum puas dengan hasilnya dan masih tersimpan rasa penarasan yang mendalam tentang keberadaan terhadap salah satu hewan cryptozoology ini.

Mungkin jika teman-teman mempunyai cerita atau penampakan tentang Orang Pendek bisa saling berkabar melalui kolom komentar di bawah ini. Dan saya pun akan tetap memposting tentang pengalaman-pengalaman saya mencari Orang Pendek di dalam blog ini. Dengan satu tujuan hanya untuk berbagai pengalaman dan cerita saja.

Bagaimana dengan hasil pencarian Orang Pendek? Nanti akan diposting lagi bersama cerita yang lain hehe

 

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published.